Hal-Hal Yang Harus Diketahui Semua Ekspatriat ke Berlin

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Semua Ekspatriat ke Berlin

Pindah ke kota baru bisa jadi menakutkan, tetapi pindah ke salah satu kota terbesar di Eropa sebagai ekspatriat adalah sensasi yang berbeda. Saat Anda bergerak, akan ada beberapa hal yang ingin Anda ketahui, dari pertanyaan praktis tentang birokrasi hingga elemen yang lebih pribadi seperti “Apakah saya akan cocok?”. Baik Anda berpikir untuk pindah di masa depan atau sudah berada di Berlin selama beberapa minggu – berikut adalah sembilan hal yang harus Anda ketahui untuk membantu membuat segala sesuatunya berjalan lebih lancar.

1. Bepergian Itu Mudah

Transportasi umum Jerman memiliki reputasi yang bagus di seluruh dunia, dan alasannya mudah diketahui. Di Berlin, adalah mungkin untuk mencapai semua penjuru kota kapan saja, siang (atau malam): selain menjadi kota yang sangat ramah sepeda, Berlin menawarkan U-Bahn (kereta bawah tanah / kereta bawah tanah) yang komprehensif, S- Bahn (kereta ringan), trem, dan layanan bus.

Berlin menawarkan tiket yang berbeda untuk zona tarif yang berbeda (A, B, atau C) dari sistem transportasi umum (BVG). Jenis tiket mana yang sebagian besar akan dibeli didasarkan pada berapa lama Anda ingin menggunakannya, dan harganya cukup masuk akal, meskipun denda di Jerman sangat berat jika Anda ketahuan tanpa tiket yang valid. Tiket tunggal harus divalidasi sebelum Anda naik ke perjalanan Anda.

Tidak hanya mudah untuk berkeliling Berlin, tetapi juga sangat mudah untuk keluar dari sana! Dalam survei Expat Insider 2019, seorang ekspat Islandia memastikan untuk menunjukkan “betapa mudahnya Anda dapat melakukan perjalanan ke kota / negara lain” sebagai salah satu hal favoritnya tentang tinggal di Berlin. Salah satu hal terbaik tentang menjadi ekspatriat adalah melihat bagian dunia yang tidak akan pernah Anda alami – jadi mengapa tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi pedesaan Jerman, kota terdekat lainnya, atau salah satu negara tetangga Jerman – apa pun Anda Suka!

2. Biaya Hidup

Terlepas dari status Berlin sebagai ibu kota, Berlin dikenal sebagai salah satu kota paling murah di Eropa untuk ditinggali. Meskipun tidak selalu mudah untuk mendapatkan apartemen, harga sewanya jauh lebih rendah daripada di kebanyakan kota besar Eropa lainnya ( lebih dari 25% lebih murah daripada di Munich), meskipun mereka telah naik dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa tuan tanah mungkin mencoba memanfaatkan ekspatriat, terutama yang baru mengenal kota, dan mencoba menipu Anda, jadi berhati-hatilah dengan harga properti yang sebenarnya!

Biaya hidup lokal secara umum jauh lebih rendah daripada di London atau San Francisco, misalnya, yang merupakan satu hal yang dikutip ekspatriat sebagai keuntungan tinggal di Berlin. Tentu saja ada banyak aktivitas gratis dan murah di Berlin – jadi manfaatkan semuanya!

Biaya untuk perawatan kesehatan juga cenderung tidak merusak bank seperti di beberapa negara lain. Di Jerman, jenis asuransi kesehatan (publik vs. swasta) yang Anda butuhkan bergantung pada jenis situasi pekerjaan dan pendapatan Anda. Biaya asuransi wajib berkisar antara 150 hingga 600 EUR per bulan, tergantung pada gaji Anda. Asuransi swasta cenderung lebih mahal, tetapi manfaatnya juga lebih besar.

3. Pelajari ein bisschen Deutsch

Anda mungkin pernah mendengar bahwa hampir semua orang di Berlin berbicara bahasa Inggris, jadi orang dapat dengan mudah bertahan tanpa pengetahuan bahasa Jerman. Namun, hanya karena Anda bisa, bukan berarti Anda harus melakukannya. Warga Berlin akan lebih menghormati Anda jika Anda setidaknya mencoba berbicara sedikit bahasa Jerman: mereka akan melihat Anda sebagai ekspatriat yang mencoba berintegrasi, bukan sekadar turis.

Sedikit pengetahuan bahasa Jerman juga sangat bermanfaat dalam memahami sistem birokrasi Jerman yang terkenal, menyewa apartemen, atau membuka rekening bank. Banyak tuan tanah Jerman bahkan tidak akan mempertimbangkan penyewa yang tidak bisa berbahasa Jerman, dan semua interaksi Anda dengan kantor pemerintah akan dilakukan terutama dalam bahasa Jerman. Jika Anda ingin membuat bagian-bagian membosankan dari kehidupan orang dewasa berjalan lebih mulus, mulailah belajar hari ini.

Kosakata bahasa Jerman cukup konsisten, tetapi tata bahasanya terkenal rumit. Namun, ini berarti bahwa ketika Anda menguasai tata bahasa Jerman, tidak akan ada yang tidak dapat Anda taklukkan! Ada banyak sumber daya online gratis atau murah untuk memulai pembelajaran bahasa Anda dari luar negeri, dan segera setelah Anda tiba (jika Anda punya waktu dan uang), Anda dapat mendaftar di kursus kilat pribadi.

Info Seputar Negara Berlin

4. Cara Menemukan Teman

Jika Anda pernah menjadi ekspatriat di kota mana pun, Anda akan tahu betapa sulitnya mencari teman. Mungkin tidak hanya ada kendala bahasa, tetapi Anda juga tidak tahu harus mulai dari mana untuk bertemu orang-orang Anda. Untungnya, kita hidup di zaman keemasan internet, dan ada cara untuk menemukan komunitas Anda bahkan sebelum Anda meninggalkan rumah!

InterNations adalah salah satu komunitas ekspatriat terbesar di dunia, dan bertujuan untuk menghubungkan pikiran global dari seluruh dunia. Sebagai anggota, Anda dapat bergabung dengan Komunitas Berlin, yang saat ini memiliki anggota dari 206 kebangsaan berbeda (per April 2020).

Langkah selanjutnya: Hadiri Aktivitas InterNations atau Acara Resmi pilihan Anda dan terhubung dengan semua ekspatriat dan penduduk lokal yang Anda temui! Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang yang biasanya tidak Anda sukai. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memiliki banyak kontak dan bahkan mungkin teman seumur hidup.

5. Bagaimana Berperilaku

Anda mungkin pernah mendengar banyak rumor di http://daftarnova88.info tentang formalitas Jerman, dan banyak di antaranya yang masih benar. Dalam lingkungan kerja, hal-hal seperti ketepatan waktu dan hierarki sangat penting bagi orang Jerman. Jika Anda terlambat menghadiri rapat atau menyapa senior Anda dengan nama depan mereka, Anda mungkin dianggap tidak sopan. Namun, karena Berlin adalah kota muda dan internasional, banyak etiket tradisional Jerman tidak berlaku – terutama jika Anda bekerja di perusahaan baru. Perhatikan tempat kerja dan kolega Anda untuk merasakan budaya tertentu di pekerjaan Anda.

Baca juga : 7 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Sebelum Pergi Ke Berlin, Jerman

Namun, aturan hierarki dari hari ke hari tetap berlaku, dan Anda harus menyebut siapa pun yang tidak Anda kenal secara pribadi sebagai Sie (formal “Anda”) saat berbicara dalam bahasa Jerman. Banyak ekspatriat menganggap etiket Jerman kuno dan kaku, seorang ekspatriat Ekuador bahkan menggambarkan “sikap menyendiri orang Jerman” sebagai sesuatu yang sangat tidak mereka sukai tentang tinggal di Berlin. Jangan terlalu terburu-buru jika kenalan Jerman Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk ramah kepada Anda.

Di seluruh Jerman, biasanya memberi tip sekitar 10% setiap kali Anda menerima layanan meja. Jika Anda tidak memberi tip, server akan mengira Anda memberi tahu mereka bahwa Anda tidak puas dengan layanan mereka. Selain itu, Jerman sedikit tertinggal dari belahan dunia lain dalam hal pembayaran tanpa uang tunai: banyak tempat yang tidak menerima kartu atau memiliki batas kartu minimum yang tinggi. Jadi, pastikan Anda tidak pernah tanpa uang tunai.